Program PastDean-M melakukan Desain dan Analisis Struktur Perkerasan Jalan Baru berdasarkan Pendekatan Mekanistik untuk Mendukung Penerapan Manual Desain Perkerasan Jalan (2017), juga menghitung secara kuantitatif tiga penyebab kerusakan utama perkerasan yang seringkali dianggap terjadi di Indonesia, yaitu overloading, pengaruh perubahan kadar air tanah dasar
di musim hujan, kualitas konstruksi yang sub standar.

Yang terpenting adalah bahwa struktur perkerasan desain
yg dihasilkan dari program PastDean-M telah tervalidasi thd
(atau tdk berbeda secara statistik dengan) katalog desain.

Untuk membuktikan validasi tersebut secara teoritis dibuatkan modul
tambahan, yaitu Program Pendukung/Modul Validasi
 

MENGAPA PILIH PROGRAM PASTDEAN-M ?

Program PastDean-M berbarengan dengan Program BackCalc dan Program Lendut dikembangkan lanjut di Laboratorium Rekayasa Jalan, ITB, berdasarkan program DAMA dari The Asphalt Institute (1983), sebagai salah satu kegiatan dalam rangka penelitian RUT (Riset Unggulan Terpadu) ke-IX yang disponsori oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada
tahun 2002/03.
Ketiga program menjadi paket program lengkap untuk desain perkerasan jalan baru, evaluasi kondisi jaringan jalan dan
desain preservasi perkerasan yang kemudian diberi nama
Program Aplikasi BackCalc Suite.

  • Telah dikembangkan lanjut sebagai program
    berbasis web sejak tahun 2002
  • Dapat dioperasikan melalui browser (web based)
  • Dirancang sebagai program aplikasi database
  • Dapat melakukan analisis kondisi struktur
    perkerasan secara time-series
  • Dilengkapi dengan grafik data dan peta spasial yang
    cukup komprehensif